Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan yaitu diantaranya membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah beberapa jenis kanker, memperkuat tulang, menurunkan tekanan darah tinggi, dll.

Bengkoang merupakan sayuran akar yang berasal dari Amerika Selatan. Akar bengkoang mampu tumbuh hingga 2 meter ke dalam tanah, dan berat maksimal bisa mencapai 20 kg. Bengkoang membutuhkan waktu 6-9 bulan dan paling cocok di daerah hangat seperti Indonesia.

Bengkoang seperti umbi-umbi pada umumnya berada ditanah yang memiliki banyak sari pati. Tetapi, perbedaanya bengkoang memiliki lebih banyak air. Dalam bagian dalam umbi bengkoang mirip dengan kentang dan pir dalam segi tekstur.

Mari kita lihat nilai gizi apa saja yang terdapat dalam bengkoang :

Manfaat bengkoang berasal dari vitamin C, vitamin E, vitamin B6, mineral, fitonutrien, folat, asam pantotenat, potassium, magnesium, tembaga, zat besi, serat, dan senyawa organic lainya.

Manfaat Kesehatan Bengkoang :
  • Pencernaan
Salah satu unsur element paling bermanfaat bagi tubuh kita adalah serat. Tinggi serat dalam bengkoang dapat membantu memberlancar pencernaan sehingga membantu feses untuk keluar lebih mudah dan tidak membuat sembelit.
  • Sistem Kekebalan
Bengkoang ternyata mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 40% kebutuhan vitamin C pada tubuh setiap hari dapat anda dapatkan dengan mengkonsumsi 100 gram bengkoang. Vitamin C merupakan hal penting bagi sistem kekebalan untuk merangsang sel-sel darah putih. Sel-sel darah putih berfungsi memerangi bakteri, virus, jamur atau penyakit patogen lainya.
  • Tekanan Darah
Sebagai sumber kaya kalium, bengkoang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah tinggi, karena merupakan vasaodilator dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga menurunkan stress pada sistem kardiovaskular. Kalium juga penting dalam menjaga keseimbangan cairan bertentangan dengan natrium dalam tubuh.
  • Sirkulasi Tubuh
Jumlah yang tinggi dari tembaga dan besi dalam bengkong akan membantu  sisten peredarab darah, karena kedua mineral ini sangat penting untuk sel darah merah. Tanpa komponen-komponen ini, orang akan menderita anemia.
  • Memperkuat Tulang
Tingkat mineral seperti mangan, magnesium, besi, dan tembaga yang ditemukan di bengkong. Mineral ini sangat penting untuk membangun tulang yang kuat, dan menyembuhkan kerusakan tulang. Mengkonsumsi bengkoang bisa mencegah timbulnya kondisi seperti osteoporosis.
  • Menjaga Berat Badan
Makanan renah kalori sangat penting untuk orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan, terutama jika makanan tersebut memiliki serat yang cukup agar membuat perut terasa kenyang. Bengkoang hanya memiliki 35 kalori per 100 gram, oleh karena itu bengkonag sangat bagik untuk dimakan sebagai cemilan.

Komentar