Benarkah Minum Alkohol Menyebabkan Jerawat ?

Ada konsep yang berkembang di dalam masyarakat bahwa alkohol dapat menyebabkan jerawat. Tapi apakah benar itu?. Namun, bagi kebanyakan orang alkohol sangat jarang menyebabkan langsung terjadi jerawat, tetapi yang pasti alkohol sangat buruk untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.

Seperti semua hal yang berhubungan dengan jerawat. Alkohol akan memiliki pengaruh berbeda-beda terhadap orang. Mungkin ada orang yang meminum alkohol dan langsung berakibat pada jerawatnya. Namun ada juga, orang yang minum alkohol dalam jumlah banyak tanpa efek langsung kepada jerawat mereka.

Sayangnya ada sedikit bukti untuk menunjukan bahwa minum alkohol akan menyebabkan jerawat. Namun, yang pasti alkohol akan berefek buruk pada kita, seperti berikut ini :
  1. Minum alkohol secara terus-menerus akan berefek buruk kepada system kekebalan tubuh kita. Dimana yang kita ketahui, sistem kekebalan tubuh membantu kita dalam menekan bakteri dan virus sehingga tidak mudah terserang penyakit. Melemahnya sistem kekebalan tubuh akan membuat bakteri menjadi lebih mudah berkembang pada kulit dan pori-pori, dimana itu adalah tempat jerawat berada.
  1. Alkohol akan mengubah kadar hormon dalam tubuh. Salah satunya tidak seimbangnya hormon testosterone dan estrogen.
  1. Apakah anda pernah berpikir,”kenapa orang minum alkohol ?”. Karna untuk mengatasi stress, dimana kita tahu stress akan mempengaruhi hormon. Kedua kombinasi ini cocok sekali untuk memperparah jerawat dan kulit.
  1. Ini adalah fakta yang terkenal bahwa alkohol menyebabkan kerusakan hati. Hati adalah organ yang penting, salah satu peranya adalah menjaga kesehatan kulit. Hati bergungsi mengatur sejumlah hormon, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan menghilangkan racun dalam tubuh.
  1. Alkohol dapat menurunkan kadar air dalam tubuh. Dimana salah satu fungsi air adalah mengeluarkan racun dalam tubuh. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah terdapat racun dalam tubub.
  1. Yang terakhir, Alkohol memiliki kalori yang sangat tinggi. Sehingga ini akan membuat anda gemuk dan alkohol akan mengurangi kadar testosterone sehingga jika anda menginginkan badan berotol, maka kami sarankan hidarilah alkohol.

Komentar