Daftar Makanan yang Membuat Kulit Tetap Awet Muda

Daftar Makanan Membuat Awet Muda - Kulit yang tampak cerah, cerah dan merona sapa yang tidak ingin itu. Banyak industri kosmetik berkompetisi untuk menciptakan produk yang dapat menghaluskan kulit dan membuat awet muda. Tapi banyak orang tidak sadar kualitas kulit yang baik dan sehat tidak lepas dari pola makan diet penuh nutrisi dan gaya hidup sehat.

Sebagai organ tubuh paling besar, kulit perlu perawatan dan nutrisi yang tepat untuk kesehatan optimal. Banyak hasil penelitian yang menemukan makanan dan minuman tertentu mampu membantu kulit tetap sehat dan awet muda. Bahkan ada sayuran dan buah-buahan tertentu yang dapat memerangi masalah akibat usia.

Dengan mengkonsumsi makanan berikut ini anda akan mendapatkan kulit sehat dengan cara lebih aman.
  1. Alpukat.
Makanan pembuat awet mudah yang pertama adalah alpukat. Alpukat memiliki kemampuan menangkal radikal bebas hingga ke dalam sel-sel kecil dalam tubuh. Para limuan bersepakat alpukat dapat menjadi senjata dalam memerangi penuaan dan penyakit. Dalam sebuah penelitian minyak dari buah alpukat dapat melawan radikal bebas (sebuah molekul berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini, kanker, dan penyakit jantung).

Kemampuan minyak alpukat melawan radikal bebas dapat sampai ke mitokondria (sel dalam tubuh kita yang berfungsi mengubah makanan menjadi energi). Secara umum tidak semua anti oksidan dapat melawan radikal bebas sampai ke dalam mitokondria sehingga radikal bebas akan tetap merusah mitokondria, menggangu pembuatan energi, dan mematikan sel di dalamnya.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan di Meksiko, produsen terbesar buah alpukat di dunia. Menunjuakan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak tertentu terkait dengan penyakit Diabetes.

Selain tinggi akan vitamin E ternyata alpukat kaya akan anti oksidan yang membantu melindungi kulit. Alpukat membantu meregenerasi sel – sel kulit agar tetap segar dan terlihat muda.
  1. Kacang Merah
Kacang ini memang tidak terlalu disukai karena rasanya. Tetapi kacang merah kaya akan serat dan potasium yang membantu mengurangi kadar Kolesterol. Dengan demikian dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kacang merah juga dapat membantu membuat kulit tetap segar.

Selain serat dan potassium, kacang merah juga mempunyai vitamin B terutama asam folat, vitamin B1, kalsium, fosfor, zat besi, dan protein.

Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus akan menyediakan protein sebesar 19% dan 21% dari angka kecukupan protein untuk pria dan wanita yang berumur 20 – 45 tahun.

Disamping unggul asam folatnya, kacang merah juga merupakan sumber serat yang unggul pula. Dimana 100 gram kacang merah kering akan menyediakan serat 4 gram yang terdiri serat larut dan serat tak larut air. Serat larut secara signifikan dapat menurunkan konsentrasi kolesterol dalam darah.

Untuk mendapatkan khasiat yang sempurna dari kacang merah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengolahnya.

  • Sehabis direndam, buanglah air rendaman kacang merah.
  • Rebus kacang merah dalam panci tertutup selama 3 menit dan diamkan selama 2 jam agar airnya mengendap.
  • Ganti ari endapat tersebut dengan air matang, dan diamkan selama semalam.
  • Esok harinya, kacang merah siap untuk dimasak menjadi makanan yang lezat.

Semuat itu perlu dilakukan untuk menghilangkan kemampuan kacang merah untuk memproduksi gas dalam usus yang membuat perut terasa kembung.
  1. Cokelat Hitam.
Siapa yang tidak suka cokelat, tapi tidak semua jenis cokelat dapat membuat awet mudah. Cokelat yang kita bahas kali ini adalah Cokelat Hitam.

Setiap kandungan cokelat hitam setidaknya mengandung 70% cacao yang dilengkapi protein dan vitamin B. Dan setiap gigitan kecil cokelat hitam akan membantu tubuh dalam membakar lemak, meningkatkan kelembaban kulit serta rambut.

Tidak banyak yang tahu ternyata cokelat mengandung anti oksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan penelitian terbaru mengungkapkan mengkonsumsi cokelat dapat membantu mengurangi kerutap pada wajah. Tetapi hanya cokelat hitam yang memiliki flavanol tinggi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang di lansir Daily Mail 5 November 2009. Menikmati Dark Coklat setiap hari dapat melindungi kulit dari penuaan dini selain itu dapat melindungi dari efek buruk sinar matahari.

Flavanol tinggi dapat menghalau kerutan pada kulit akibat sinar UV matahari.
  1. Brokoli.
Manfaat brokoli untuk kecantikan memang belum begitu dikenal manyarakat luas. Kebanyakan masyarakat tahu bahwa brokoli sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan anti oksidan yang tinggi.

Seperti sayuran hijau lainya brokoli dapat memberi efek baik pada kulit karena adanya serat makanan, vitamin, mineral, dan anti oksidan.

Manfaat brokoli untuk kecantikan antra lain adalah menjaga kesehatan kulit. Brokoli kaya dengan anti oksidan, vitamin C dan E. Vitamin C berguna untuk merangsang produsi kolagen, sehingga menjaga kulit tetap sehat. Vitamin A melindungi membrane sel kulit dan mencegah kerusakan akibat radiasi ultra violet. Disampin itu brokoli juga meningkatkan regenerasi sel kulit dan perbaikan.

Sebagai anti aging brokoli diketahui mengandung vitamin C yang memiliki sifat anti oksidan yang melawan radikal bebas hingga mencegah kerusakan pada kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus yang merupakan awal dari proses penuaan, kerutan, dan pikmentasi pada kulit.

Selain itu juga manfaat brokoli dengan kandungan zat – zat lainya seperti beta karotin yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, vitamin E, dan vitamin B kompleks ada memberi cahaya alami dan segar bercahaya.
  1. Berry-Berryan.
Aneka buah berry. Berry adalah jenis buah berdaging yang paling umum ditemui dimana keseluruhan dinding ovarium menjadi matang dan bisa dimakan. Beberapa buah beri yang terkenal berhasiat membuat awet muda diantaranya adalah Bilberry, Blackberry, Blueberry, Goji berry, Strawberry, Delima.

Buah berry tersebut kaya akan vitamin C, membantu memperlancar sirkulait darah, serta kandungan mineralnya mencegah penuaan dini. Kandungan kalium dalam buah – buah berry tersebut juga mampu melawan peradangan, sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan jerawat lebih cepat.

Buah – buah beri juga mengandung Fitokimia dan Flavonoid yang membantu melawan kangker.
1 mangkuk strawberry misalnya akan menggandung 100 milligram vitamin C atau setara 1 gelas jus jeruk, lengkap dengan kalsium, magnesium, folat, dan potassium dengan jumlah kalori yang sedikit.

Buah – buah berry ini juga membantu tubuh untuk membantu membuat serat kolagen agar tubuh awet muda.

Coba dan rasakan khasiatnya. Yang terpenting adalah kita dapat mengatur gaya hidup kita.

Komentar